10 Tips Cepat dan Mudah untuk Menghemat Baterai Ponsel Anda

2 min read

Salah satu masalah terbesar dengan smartphone saat ini adalah masa pakai baterai. Apakah baterai Anda sering mati sebelum Anda sampai di rumah; bahkan setelah mengisi daya sepanjang malam?

Ikuti 10 tips cepat dan mudah ini untuk menghemat daya baterai dan meminimalkan berapa kali Anda harus mengisi daya ponsel Anda dalam sehari.

Turunkan kecerahan layar serendah mungkin. Tentu saja saat Anda berada di luar di bawah sinar matahari, hampir tidak mungkin untuk menurunkan kecerahan layar dan tetap dapat melihat dengan baik. Tapi begitu di dalam, ingatlah untuk menolaknya. Semakin terang layar Anda, semakin banyak daya baterai yang digunakannya.

Gunakan wallpaper hitam pada layar AMOLED. Ketika piksel berwarna putih, ia menghasilkan cahaya. Oleh karena itu, menggunakan wallpaper hitam menghasilkan lebih sedikit cahaya dan menghemat daya baterai. Saya merekomendasikan Zedge untuk wallpaper serta nada dering dan suara notifikasi.

Matikan Wi-Fi, Bluetooth, rotasi layar, dan sinkronisasi bila memungkinkan. Geser satu jari ke bawah dari atas layar tempat bilah notifikasi berada untuk membuka pengaturan cepat. Klik pada setiap ikon pengaturan cepat untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Gunakan lokasi hemat baterai atau matikan sepenuhnya. Terkadang lokasi perlu disetel ke akurasi tinggi. Misalnya, saat Anda menggunakan Maps untuk petunjuk arah mengemudi. Namun, sebagian besar waktu opsi hemat baterai berfungsi dengan baik dan akurasi tinggi tidak diperlukan. Anda akan menemukan pengaturan ini di bawah lokasi.

Hentikan aplikasi agar tidak mengirim notifikasi. Jelas ada beberapa pemberitahuan yang Anda butuhkan, seperti pesan baru, cuaca, dan mungkin pembaruan berita. Tetapi apakah Anda benar-benar membutuhkan notifikasi setiap kali video baru yang mungkin Anda sukai baru saja diunggah ke YouTube? Tidak hanya mematikan beberapa notifikasi aplikasi Anda menghemat baterai Anda, itu akan menghemat data dan RAM. Menghemat RAM akan mempercepat ponsel Anda. Dan kita semua tahu betapa pentingnya menghemat data.

Untuk mematikan pemberitahuan yang tidak diinginkan, buka pengaturan dan klik pemberitahuan. Itu akan membawa Anda ke daftar aplikasi di ponsel Anda dan Anda akan dapat mengklik aplikasi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi itu.

Jika model ponsel Anda tidak memiliki opsi notifikasi, buka aplikasi. Klik aplikasi yang notifikasinya ingin Anda matikan, lalu gulir ke bawah ke notifikasi. Anda kemudian akan melihat opsi untuk mematikan pemberitahuan dari aplikasi itu. Ulangi untuk setiap aplikasi.

Atur layar untuk mati setelah 2 menit atau kurang dari aktivitas. Buka pengaturan> tampilan dan klik tidur untuk mengatur jumlah waktu di mana layar akan mati sendiri setelah tidak aktif. Ini tentu saja berarti Anda harus memasukkan kembali kode sandi Anda lebih sering tetapi layar ponsel Anda menggunakan lebih banyak daya baterai daripada apa pun.

Matikan getar. Secara pribadi, saya bukan penggemar tombol yang bergetar saat mengetik, jadi mematikan getaran adalah salah satu hal pertama yang saya lakukan. Anda akan menemukan getaran tombol di bawah pengaturan > bahasa dan masukan > keyboard virtual. Dari sana, klik keyboard Anda lalu preferensi. Gulir ke bawah hingga Anda melihat getar saat tombol ditekan.

Matikan lampu notifikasi pulsa. Ini adalah lampu yang berkedip untuk memberi tahu Anda bahwa Anda memiliki notifikasi baru. Dalam pengaturan, di bawah tampilan, Anda akan menemukan opsi untuk mengaktifkan lampu pemberitahuan pulsa.

Matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi selalu berjalan di latar belakang; beberapa sama sekali tidak perlu pada saat itu. Ada satu dari dua cara untuk melihat aplikasi mana yang berjalan, tergantung pada merek dan model ponsel Anda.

Dalam pengaturan, buka aplikasi. Dari sana, gulir ke kanan (jika mungkin) untuk berlari.

Jika tidak, Anda akan menemukan daftar aplikasi yang sedang berjalan di pengaturan ponsel Anda di bawah memori. Klik aplikasi yang ingin Anda bunuh. Kemudian klik tiga titik kecil di pojok kanan atas. Ini akan mengungkapkan opsi paksa berhenti.

Matikan aplikasi hanya jika Anda tahu fungsinya. Misalnya, Chrome, Gmail, dan LetGo aman untuk dimatikan tetapi OS Android, UI sistem, dan com.android.smpush harus dibiarkan saja.

Saat mengatur ponsel Anda, tekan tombol daya untuk mematikan layar. Ini selalu merupakan ide yang bagus, terutama saat jauh dari rumah, karena tidak hanya menghemat sedikit daya baterai, tetapi juga mengaktifkan kunci layar Anda.



Source by Shonda Kellams

Mengajar Dengan Teknologi

Pengajaran dengan teknologi membantu untuk memperluas pembelajaran siswa dengan tujuan instruksional asisten. Namun, dapat dipikirkan untuk memilih alat teknologi terbaik tanpa melupakan tujuan pembelajaran...
Irvan Jaya
1 min read

McLaren Artura Adalah Supercar Hibrida yang Benar-Benar Baru

Sejak peluncuran P1, ini adalah pertama kalinya McLaren kembali ke dunia kendaraan hybrid dengan model Artura. Meskipun memiliki banyak kesamaan dengan McLaren’s Sports Series,...
Irvan Jaya
1 min read

Keuntungan dari Kotak TV Android

Kotak TV Android tiba-tiba menjadi sangat populer. Meskipun perusahaan seperti Apple dan Roku telah menjual banyak dekoder, opsi lain telah memasuki pasar – kotak...
Irvan Jaya
1 min read
Exit mobile version