Kotlin: Tren Pengembangan Aplikasi Android Terpopuler di Pasar

1 min read

Sejak saat penemuannya, Java menguasai pasar pengembangan aplikasi Android. Baru-baru ini, bahasa pemrograman modern lainnya menjadi sangat populer di kalangan pengembang Android di seluruh dunia. Peringkat Kotlin semakin tinggi seiring waktu yang diharapkan oleh para ahli segera, ini akan menjadi salah satu dari 20 bahasa pemrograman teratas yang pernah ada! Artikel ini akan memberi Anda gambaran singkat tentang Kotlin dan mengapa bahasa ini mendapat banyak perhatian dari para pengembang.

Pengantar Kotlin

Ini adalah bahasa open source dan didasarkan pada JVM (Java Virtual machine). Kotlin adalah gagasan dari programmer JetBrains yang berbasis di Rusia. Bahasa baru ini sekarang menjadi bagian dari Android Studio versi 3.0 terbaru.

Sejak lebih dari 20 tahun, Java menguasai pasar dan tentu saja, fitur dan fungsionalitas sempurna yang ditawarkannya memiliki kualitas terbaik. Jika tidak, menguasai pasar tanpa tara tidak mungkin untuk waktu yang lama ini. Namun, ini mungkin terdengar aneh tetapi Anda tidak dapat mengabaikan aspek “penuaan” dari Java. Inilah Kotlin dalam gambar. Bahasa khusus Android baru, modern, dan canggih yang menawarkan serangkaian manfaat luar biasa. Baca terus dan lihat daftar manfaat yang dapat Anda manfaatkan jika Anda memilih Kotlin.

  • Interoperabilitas

Bisakah Anda memikirkan situasinya, di mana dalam proyek yang sama, dua bahasa pemrograman yang berbeda hidup berdampingan? Nah, dengan Kotlin, ini mungkin. Saat menggunakan Kotlin, Anda tidak perlu beralih ke proyek lain atau tidak perlu mengubah kode yang ada. Anda dapat dengan mudah menggunakan fitur-fitur yang ditawarkan olehnya dan membuat proses pengembangan aplikasi lebih mudah.

  • Lebih Sedikit Pengodean

Mari kita pikirkan hal yang sederhana! Mengapa Anda menulis seratus baris kode ketika Anda dapat melakukan tugas dengan hanya menulis beberapa baris kode? Ya, jumlah kode yang Anda perlukan untuk menulis di Java untuk melakukan tugas tertentu, Anda dapat melakukannya dengan menulis hampir 20% lebih sedikit jumlah kode di Kotlin. Yah, tidak heran mengapa pengembang Android di seluruh dunia tergila-gila padanya!

Tidak diragukan lagi, fitur ‘kurang pengkodean’ ini tidak hanya mengurangi jumlah pengkodean boilerplate tetapi juga membuat eksekusi kode menjadi lebih baik.

  • Kurva Belajar Mudah

Salah satu fakta paling menarik tentang Kotlin adalah kurva belajarnya yang mudah. Tidak seperti versi Android O, Anda dapat dengan mudah menguasainya dengan menelusuri daftar referensi bahasa. Ini memiliki sintaks yang ramping dan intuitif yang lembut untuk para ahli Java. Jika Anda sudah memiliki keterampilan di Java, mempelajari Kotlin bukanlah apa-apa bagi Anda!

  • Aman dan nyaman

Bekerja dengan Kotlin adalah opsi yang sedikit lebih aman bagi para pengembang. Bertanya-tanya mengapa? Nah, dengan bantuan itu, Anda dapat menghindari kesalahan penting seperti NullPointExceptions. Kompilernya secara otomatis membuat kesalahan. Terkadang, pengembang mungkin mengabaikan kesalahan kecil, tetapi semua itu berkat kompiler Kotlin yang tidak mengizinkannya.

  • Biaya Adopsi Nol

Istilah ‘gratis’ atau ‘nol biaya’ dengan mudah menarik perhatian orang! Kotlin juga tidak akan mengecewakan pengguna dalam hal ini. Bagaimana? Nah, ini adalah bahasa open source. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk mendapatkannya. Cukup dapatkan alat konverter yang dapat mengonversi semua file Java yang ada menjadi Kotlin dan hanya itu! Anda siap untuk memulai dengan bahasa kelas atas yang mengesankan ini.

Meskipun Kotlin mendapatkan popularitasnya di pasar secara eksponensial, untuk pemula di bidang pengembangan aplikasi Android, selalu disarankan untuk memulai proses pembelajaran dengan Java.



Source by Rob Stephen

Mengajar Dengan Teknologi

Pengajaran dengan teknologi membantu untuk memperluas pembelajaran siswa dengan tujuan instruksional asisten. Namun, dapat dipikirkan untuk memilih alat teknologi terbaik tanpa melupakan tujuan pembelajaran...
Irvan Jaya
1 min read

McLaren Artura Adalah Supercar Hibrida yang Benar-Benar Baru

Sejak peluncuran P1, ini adalah pertama kalinya McLaren kembali ke dunia kendaraan hybrid dengan model Artura. Meskipun memiliki banyak kesamaan dengan McLaren’s Sports Series,...
Irvan Jaya
1 min read

Keuntungan dari Kotak TV Android

Kotak TV Android tiba-tiba menjadi sangat populer. Meskipun perusahaan seperti Apple dan Roku telah menjual banyak dekoder, opsi lain telah memasuki pasar – kotak...
Irvan Jaya
1 min read