Mana yang Ramah Pengembang? OS Android atau Apple iOS

1 min read

Dengan semakin populernya dan penggunaan perangkat seluler, telah diamati bahwa jumlah pengembang aplikasi seluler juga meningkat. Dengan kemajuan teknologi, pengembang saat ini memiliki berbagai platform pengembangan aplikasi seluler untuk dipilih. Namun, iOS Apple & Google Android, adalah dua yang paling populer dengan pengembang aplikasi seluler.

Jika Anda seorang newbie mobile app developer dan berencana untuk membuat mobile apps, maka Anda mungkin bingung harus memilih yang mana, iOS atau Android? Yang mana yang ramah pengembang? Apple iOS atau Android? Baiklah, lanjutkan saja membaca artikel ini untuk menemukan jawaban atas semua pertanyaan di benak Anda.

• Dari segi bahasa pemrograman yang digunakan :-

Android pada umumnya menggunakan bahasa pemrograman Java yang sangat populer di kalangan pengembang sehingga memudahkan mereka untuk membuat aplikasi Android.

Di sisi lain, iOS Apple menggunakan bahasa Objective C, yang bisa menjadi masalah bagi pengembang yang tidak terbiasa dengannya.

• Bagaimana dengan pengembangan aplikasi lintas platform?

Mengembangkan aplikasi seluler lintas platform telah menjadi sangat populer akhir-akhir ini. Jelas bahwa Anda tidak dapat menjalankan Aplikasi Android di iPhone dan aplikasi iOS di perangkat Android. Dengan demikian, membuat asli lebih layak.

• Dalam hal platform pengembangan aplikasi:-

Android menawarkan platform pengembangan terbuka untuk pengembang aplikasi seluler dan memudahkan mereka untuk mengintegrasikan alat pihak ketiga apa pun dalam aplikasi mereka. Ini memberdayakan mereka untuk menambahkan lebih banyak fitur dan fungsi dalam aplikasi mereka dan dapat membantu mereka mendapatkan kesuksesan yang diinginkan melalui aplikasi inovatif.

Namun Apple tidak mengizinkan pengembang untuk mengintegrasikan alat atau ekstensi pihak ketiga apa pun di dalam aplikasi, dan ini akan membatasi pengembang dalam upaya mereka untuk membuat aplikasi yang kreatif, interaktif, dan inovatif.

• Bagaimana dengan kemampuan multitasking?

Sistem operasi Android sangat fleksibel dan memberdayakan pengembang untuk membuat aplikasi untuk berbagai keperluan. Namun, membuat aplikasi multitasking terkadang menimbulkan berbagai masalah bagi pengembang karena mengharuskan seseorang untuk memiliki keahlian dan pengetahuan inti OS Android yang telah terbukti.

Apple menyalip Android dalam hal ini karena mewakili platform yang lebih stabil dan andal untuk pengembang.

• Pengujian aplikasi seluler: –

Android membantu pengembang untuk menguji aplikasi dengan mudah dengan berbagai alat pengujian dengan pengindeksan yang tepat dan IDE yang baik. Ini memungkinkan pengembang untuk menguji aplikasi mereka secara menyeluruh dan tepat untuk kesalahan atau bug.

Tetapi Xcode Apple tertinggal dalam hal fleksibilitas dan fitur yang ditawarkannya kepada pengembang untuk menguji aplikasi.

• Proses persetujuan:-

Semua orang tahu betapa terkenalnya Apple dalam hal menyetujui aplikasi. Biasanya membutuhkan waktu 3-4 minggu untuk persetujuan, sedangkan Android tidak membuat pengembang menunggu terlalu lama.

Jadi baik Android & Apple iOS memiliki poin plus dan minus. Namun keduanya adalah pelopor pasar pengembangan aplikasi seluler.



Source by Edwin M Miller

Mengajar Dengan Teknologi

Pengajaran dengan teknologi membantu untuk memperluas pembelajaran siswa dengan tujuan instruksional asisten. Namun, dapat dipikirkan untuk memilih alat teknologi terbaik tanpa melupakan tujuan pembelajaran...
Irvan Jaya
1 min read

McLaren Artura Adalah Supercar Hibrida yang Benar-Benar Baru

Sejak peluncuran P1, ini adalah pertama kalinya McLaren kembali ke dunia kendaraan hybrid dengan model Artura. Meskipun memiliki banyak kesamaan dengan McLaren’s Sports Series,...
Irvan Jaya
1 min read

Keuntungan dari Kotak TV Android

Kotak TV Android tiba-tiba menjadi sangat populer. Meskipun perusahaan seperti Apple dan Roku telah menjual banyak dekoder, opsi lain telah memasuki pasar – kotak...
Irvan Jaya
1 min read